TEMPAT WISATA YANG TERKENAL DI KOTA SEMARANG

WISATA DI KOTA SEMARANG


Kota Semarang memang memiliki sejuta pesona dimana Kota Semarang adalah ibukota dari Propinsi Jawa Tengah. Kita bisa menemukan banyak tempat – tempat menarik di Kota Semarang untuk kita kunjungi dalam rangkaian aktifitas jalan – jalan wisata kita.

Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan tempat – tempat wisata terbaik yang ada di Kota Semarang.

1. Simpang Lima
Simpang Lima
Simpang Lima adalah salah satu pusat keramainan yang ada di Kota Semarang. Simpang Lima sendiri merupakan tempat dimana kita bisa jalan – jalan menikmati keindahan pusat Kota Semarang dan berwisata kuliner. Aneka kuliner bisa ditemukan dengan mudah di Simpang Lima.

Simpang Lima selalu ramai dari pagi hingga larut malam. Bukan hanya tempat perbelanjaan modern, namun juga Simpang Lima menjadi tempat para pedagang kaki lima dimana para wisatawan bisa makan sambil lesehan menikmati suasana khas Simpang Lima.

Simpang Lima sendiri juga menjadi pusat kegiatan ekonomi dan pusat pemerintahan Kota Semarang yang mana menawarkan nuansa santai dalam aktifitas jalan – jalan di Kota Semarang.

Kata orang tidak lengkap jalan – jalan ke Kota Semarang jika kita tidak menyempatkan diri berkunjung ke Simpang Lima yang ramai ini.

2. Lawang Sewu
Lawang Sewu
Lawang Sewu merupakan bangunan kuno bekas gedung kereta api dan bekas kantor pemerintahan Belanda dimana Lawang Sewu ini adalah bangunan tua yang terdiri atas banyak sekali pintu.

Lawang sendiri berarti Pintu dan Sewu artinya Seribu, jadi bisa dikatakan Lawang Sewu adalah bangunan tua dan kuno dengan pintu seribu.

Meski sebenarnya jumlah pintunya tidak ada seribu, karena saking banyaknya pintu di bangunan ini dikiaskan oleh masyarakat setempat seolah – olah ada seribu pintu.

Lawang Sewu juga dikenal karena cerita – cerita mistis dan horor yang menyelimuti berdirinya Lawang Sewu hingga sekarang.

Bangunan ini menjadi sangat mistis karena memang dahulu banyak orang terbunuh dan disiksa di tempat ini. Meski angker, Lawang Sewu banyak mengundang minat karena memiliki arsitektur yang unik yang masih dipertahankan hingga sekarang.

3. Gereja Blenduk
Gereja Blenduk
Gereja Blenduk adalah gereja peninggalan jaman penjajahan Belanda di Kota Semarang. Dinamakan Gereja Blenduk karena memang atapnya yang berbentuk Mblenduk atau dalam arti Bahasa Indonesia berarti bulat dan besar.

Gereja Blenduk memiliki arsitektur yang sangat khas yaitu bergaya kolonial Belanda yang masih dipertahankan hingga kini.

Gereja Blenduk sering dikunjungi oleh para wisatawan bukan hanya ingin menikmati pemandangan bangunan kuno khas Gereja Blenduk, namun juga ingin nongkrong dan menikmati wisata kuliner sambil menyaksikan suasana khas Gereja Blenduk.

Gereja Blenduk sendiri memang menjadi salah satu bangunan khas Kota Semarang.

4. Sam Po Kong
Sam Po Kong
Sam Po Kong adalah kompleks klenteng Tionghoa peninggalan Laksamana Cheng Ho dari China yang sangat terkenal dan termashsyur sebagai laksamana angkatan laut kala itu.

Laksamana Cheng Ho sudah banyak menjelajah tempat termasuk salah satunya di Indonesia.

Sam Po Kong sendiri memang banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena memang tertarik oleh cerita Laksamana Cheng Ho yang pernah mendarat di Kota Semarang dan juga karena arsitektur khas Tiong Hoa yang begitu indah untuk dinikmati oleh para wisatawan.

Tempatnya juga terbilang cukup bersih dimana pada setiap hari bukanya selalu dipadati oleh para pengunjung dari berbagai tempat.

5. Vihara Buddhagaya Watugong
Vihara Buddhagaya Watugong
Vihara Buddhagaya Watugong adalah Vihara yang berupa bangunan Pagoda khas agama Budha yang ada di daerah Watugong di Kota Semarang. Pagoda yang ada disini merupakan Pagoda tertinggi di Jawa yang bisa ditemukan.

Vihara Buddhagaya juga menawarkan pemandangan kompleks Vihara yang begitu indah dan menawan untuk bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Vihara Buddhagaya ini dibuka untuk umum. Arsitektur khas Tionghoa sangat kental di kompleks Vihara Buddhagaya Watugong ini.

Lokasinya juga sangat mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan utama Semarang – Solo yang ramai. Vihara Buddhagaya ini sangat cocok jika digunakan sebagai tempat untuk berfoto selfie.

6. Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo adalah candi Hindu yang bisa kita jumpai di kawasan wisata Bandungan di Kabupaten Semarang.

Candi Gedong Songo ini terbilang cukup unik karena merupakan bangunan candi yang berada di ketinggian dimana kita bukan hanya bisa menikmati sajian bangunan candi, namun kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan alam khas tempat wisata alam Bandungan.

Udaranya begitu sejuk dan segar sehingga kita juga bisa menyegarkan segala macam kegundahan dan penat yang ada di benak dan pikiran kita.

Candi Gedong Songo ini merupakan salah satu obyek wisata terkenal di Semarang.

7. Pantai Marina
Pantai Marina
Pantai Marina adalah kawasan wisata alam pantai laut yang ada di Kota Semarang. Di kawasan Pantai Marina ini kita bisa menikmati udara khas laut dan pantai yang akan membuat kita merasa tenang dan santai.

Kita bisa memancing, jalan – jalan, ataupun melakukan aneka kegiatan wisata bahari lainnya.

Pantai Marina juga sangat terkenal di Kota Semarang. Pantai Marina ini memberikan sebuah sentuhan tersendiri bagi Kota Semarang yang memang berada di ujung pesisir utara dari Pulau Jawa.

Pantai Marina bisa menjadi obyek wisata yang menarik bagi para wisatawan yang menginginkan wisata alam pantai dan laut di Kota Semarang.

8. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah juga tidak kalah menariknya. Masjid Agung Jawa Tengah ini juga bisa menjadi tempat jalan – jalan selain berfungsi sebagai tempat ibadah bagi masyarakat.

Masjid Agung Jawa Tengah ini terkenal karena bentuk payung raksasa yang ada di pelataran halaman dari masjid yang menggunakan teknologi terkini layaknya payung raksasa yang ada di Masjidil Haram Mekkah.

Masjid Agung Jawa Tengah ini juga sering dikunjungi oleh warga dari daerah manapun dimana mereka selalu mengincar titik spot dengan latar belakang payung raksasa yang ada di Masjid Agung Jawa Tengah ini sebagai titik spot yang khas dan sangat identik dengan masjid ini.

9. Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti adalah kawasan wisata air hangat yang bisa memanjakan kita akan pemandian air hangat yang bisa kita temukan diantara dinginnya hawa udara pegunungan Ungaran di Kabupaten Semarang.

Umbul Sidomukti ini merupakan tempat pemandian wisata alam dimana airnya langsung keluar secara alami dari dalam tanah dimana masyarakat Jawa sering menyebutnya “Umbul”.

Di Umbul Sidomukti ini kita bisa berendam dan mandi air hangat diatas ketinggian dengan menikmati sajian pemandangan bentangan alam yang begitu menawan dari wilayah pegunungan Ungaran yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang khas dan indah.

10. Waduk Jatibarang
Waduk Jatibarang
Waduk Jatibarang adalah adalah bendungan DAM yang dibuat oleh pemerintah Kota Semarang sebagai sarana irigasi dan juga wisata bagi warga Kota Semarang dan sekitarnya.

Waduk Jatibarang dikenal memiliki pemandangan yang indah, dimana para pengunjung bukan hanya bisa berjalan – jalan di pinggir waduk namun juga bisa menyewa perahu motor dan berkeliling sampai puas dengan menerjang air waduk sesuka hati kita.

Di Waduk Jatibarang ini kita juga bisa memancing dimana para wisatawan yang memiliki hobi memancing tentu akan sangat dimanjakan dengan adanya Waduk Jatibarang ini.

Waduk Jatibarang memang sengaja dibuka untuk umum sebagai salah satu sarana rekreasi murah meriah bagi semua orang yang ingin mengunjunginya.

Itulah 10 tempat wisata terbaik yang bisa kita temukan di Kota Semarang. Kota Semarang memang memiliki cerita tersendiri bagi para wisatawan yang sudah pernah mengunjunginya.

Nah jika kalian ingin melancong ke Kota Semarang, kalian bisa mampir ke salah satu tempat wisata diatas. Selamat jalan – jalan wisata di Kota Semarang!